Example of Lesson Plan (Describe Someone SMP 7 grade)

by 19.00 0 komentar
Nama  : Naila Rajiha
NIM    : 113-13-043

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013
Nama Sekolah              :     SMP Nusantara
Mata Pelajaran              :     Bhs Inggris
Kelas / Semester           :     VII / 2
Materi Pokok                :     Teks deskripsi tentang orang
Alokasi Waktu              :     1X 40 menit

A.    Kompetensi Inti
§  KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
§  KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
§  KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian  tampak mata.
§  KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
§  3.10  Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
§  4.12 Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana
§  4.13  Menyusun teks deskriptif  lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, tentang orang,  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

C.    Indikator
§  Melalui gambar orang yang diberikan guru, siswa dapat menyebutkan nama orang dengan penuh semangat
§  Melalui contoh gambar orang  yang diberikan guru, siswa dapat menggunakan kata ganti orang dalam kalimat deskripsi pendek sangat sederhana
§  Melalui gambar orang yang diberikan guru, siswa dapat menyebutkan sifat dari orang tersebut
§  Melalui gambar orang yang diberikan guru, siswa dapat menggabungkan kata sifat dengan kata benda menjadi nounphrase dalam kalimat deskripsi pendek sangat sederhana
§  Melalui contoh gambar orang yang diberikan guru, siswa dapat membuat teks deskripsi pendek sangat sederhana dari  orang yang akan dideskripsikan sesuai dengan struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks tersebut

D.    Tujuan Pembelajaran
§  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada text descriptive dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang sangat pendek dan sederhana sesuai dengan konteks.
§  Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat dalam text descriptive lisan sangat pendek dan sederhana dengan tepat.
§  Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat dalam text descriptive tulis sangat pendek dan sederhana dengan tepat.
§  Mendeskripsikan orang secara lisan berdasarkan konteks dengan ucapan dan intonasi yang tepat.
§  Mendeskripsikan orang secara tertulis berdasarkan konteks dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.


E.     Materi Pembelajaran
Teks deskripsi lisan dan tulis tentang orang
Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik orang, binatang, benda.
Struktur text
1.      Penyebutan nama orang yang dipilih untuk dideskripsikan
2.      Penyebutan sifat orang  
3.      Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
Panjang teks: kurang lebih 3 (tiga) kalimat.
   Unsur kebahasaan
1.      Penyebutan kata benda singular dengan a dan the dan plural   (-s).
2.      Kata ganti it, they, she, we, dst; our, my, your, their, dst.
3.      Kata sifat yang sangat lazim, big, small,  tall, short, beautiful, dark, black, white dan semacamnya
4.      Ejaan, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
5.      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
         Topik
Orang yang terkenal atau berada di sekitar lingkungan rumah dan sekolah mereka dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.

F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan          : Scientific Approach
Model                   : Discovery Based Learning
Metode                 : Diskusi Kelompok


G. Kegiatan Pembelajaran (1x 40’)
a.    Pendahuluan/ Kegiatan awal ( 10 menit )
§  Salam dan berdoa
§  Memeriksa kehadiran
§  Memberi motivasi
§  Menyampaikan apersepsi
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup cakupan pembelajaran
                   
b.   Kegiatan Inti (25 menit)
Siswa
Guru
Waktu
Observing
1.      Mengamati gambar
2.      Menyebutkan nama orang yang ada di gambar tersebut

Questioning
3.      Bertanya beberapa hal mengenai gambar yang diperlihatkan
Experimenting
4.      Siswa membagi diri  4 orang per kelompok untuk mendiskusikan gambar/realia yang diberikan oleh guru.
5.      Siswa menulis sebuah paragraf tentang gambar tersebut.
6.      Siswa dapat menggabungkan kata sifat dengan kata benda menjadi nounphrase dalam kalimat deskripsi pendek sangat sederhana
7.      Siswa dapat menggunakan kata ganti orang dalam kalimat deskripsi pendek sangat sederhana.
8.      Peserta didik mendeskripsikan atau membaca tulisan yang dibuat per kelompok.
9.      Peserta didik dari kelompok lain melihat mendengarkan temannya dan memberi komentar.
10.  Peserta didik mengumpulkan pekerjaan di tempat yang telah disediakan.
Associating
11.  Memperhatikan penjelasan    guru
12.  Menggabungkan kata sifat dengan kata benda menjadi noun-phrase dalam kalimat deskripsi pendek sangat sederhana
13.  Menggunakan kata ganti orang dan benda dalam kalimat deskripsi pendek.
Communicating
14.  Membacakan dan Menyimak contoh teks deskriptif

Guru menyediakan gambar
Meminta siswa untuk mengamati gambar
Meminta siswa menyebutkan nama orang yang ada di gambar tersebut
Membimbing siswa untuk bertanya

Guru membagi siswa dalam kelompok.
Guru memantau kegiatan siswa dan memberi bantuan jika diperlukan.
Guru memandu kegiatan tersebut.







Menjelaskan penggunaan kata ganti orang
Meminta siswa menggunakan kata ganti orang dalam kalimat  deskripsi pendek sangat sederhana.











Memberi contoh teks deskripsi pendek sangat sederhana
Membaca contoh deskriptive text.
Membaca lagi serta Meminta siswa menirukan.
Meminta membaca text secara bergilir.
Meminta siswa membuat teks deskripsi pendek sangat sederhana
Memperbaiki pelafalan dan intonasi yang kurang tepat sesuai kebutuhan.
Memberikan kesempatan menanyakan makna yang belum dipahami.
Memberi ulasan dan menyimpulkan pekerjaan siswa.

3 menit



2 menit



10 menit



































8 menit










2 menit

c.    Penutup  (5 menit)
§  Bersama peserta didik guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari tentang bagaimana mendiskripsikan orang.
§  Berdoa dan salam.

H.    Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
§   Media : Realia, gambar.

§   Sumber Belajar : Bahasa Inggris When English Rings the Bell/Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan,Jakarta : Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2013.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar