Nama : Naila Rajiha
NIM : 113-13-043
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM
2013
Nama
Sekolah : SMP Nusantara
Mata
Pelajaran : Bhs Inggris
Kelas /
Semester : VII / 2
Materi
Pokok : Teks deskripsi
tentang orang
Alokasi
Waktu : 1X 40 menit
A. Kompetensi Inti
§ KI
1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
§ KI
2: Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
§ KI
3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
§ KI
4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
§ 3.10 Memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan menyatakan dan
menanyakan tentang deskripsi orang, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
§ 4.12 Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek
dan sederhana
§ 4.13 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,
tentang orang, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
C.
Indikator
§ Melalui
gambar orang yang diberikan guru,
siswa dapat menyebutkan nama orang dengan penuh semangat
§ Melalui
contoh gambar orang yang diberikan guru, siswa dapat menggunakan kata
ganti orang dalam kalimat deskripsi pendek
sangat sederhana
§ Melalui
gambar orang yang diberikan guru, siswa dapat menyebutkan sifat
dari orang tersebut
§ Melalui
gambar orang yang diberikan guru, siswa dapat
menggabungkan
kata sifat dengan kata benda menjadi nounphrase dalam kalimat deskripsi pendek sangat sederhana
§ Melalui
contoh gambar orang yang diberikan guru, siswa dapat membuat teks deskripsi
pendek sangat sederhana dari orang yang
akan dideskripsikan sesuai dengan struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks
tersebut
D. Tujuan Pembelajaran
§
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada text descriptive dengan menyatakan
dan menanyakan tentang deskripsi orang sangat
pendek dan sederhana sesuai dengan konteks.
§
Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat dalam
text descriptive lisan sangat pendek dan sederhana dengan tepat.
§
Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat dalam
text descriptive tulis sangat pendek dan sederhana dengan tepat.
§
Mendeskripsikan orang secara lisan berdasarkan konteks
dengan ucapan dan intonasi yang tepat.
§
Mendeskripsikan orang secara tertulis berdasarkan
konteks dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.
E.
Materi
Pembelajaran
Teks deskripsi lisan dan tulis tentang orang
Fungsi
sosial
Mendeskripsikan, mengenalkan,
mengidentifikasi, memuji, mengkritik
orang,
binatang, benda.
Struktur text
1. Penyebutan
nama orang yang dipilih untuk
dideskripsikan
2. Penyebutan
sifat orang
3. Penyebutan
tindakan dari atau terkait dengan orang yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
Panjang
teks: kurang lebih 3 (tiga) kalimat.
Unsur kebahasaan
1. Penyebutan
kata benda singular dengan a dan the dan plural (-s).
2. Kata
ganti it, they, she, we, dst; our, my,
your, their, dst.
3. Kata
sifat yang sangat lazim, big, small, tall, short, beautiful, dark, black,
white dan semacamnya
4. Ejaan, tulisan tangan dan cetak
yang jelas dan rapi
5. Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Orang yang
terkenal
atau berada di sekitar lingkungan rumah dan
sekolah mereka dengan memberikan
keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan
ramah lingkungan.
F.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan :
Scientific Approach
Model : Discovery Based Learning
Metode : Diskusi Kelompok
G. Kegiatan Pembelajaran (1x 40’)
a.
Pendahuluan/
Kegiatan awal ( 10 menit )
§ Salam
dan berdoa
§ Memeriksa
kehadiran
§ Memberi
motivasi
§ Menyampaikan
apersepsi
§ Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan ruang lingkup cakupan pembelajaran
b.
Kegiatan
Inti (25 menit)
Siswa
|
Guru
|
Waktu
|
Observing
1.
Mengamati
gambar
2.
Menyebutkan nama orang yang ada di gambar tersebut
Questioning
3. Bertanya beberapa hal mengenai gambar yang
diperlihatkan
Experimenting
4. Siswa membagi diri 4 orang per kelompok
untuk mendiskusikan gambar/realia yang diberikan oleh guru.
5. Siswa
menulis sebuah paragraf tentang gambar tersebut.
6. Siswa dapat menggabungkan kata
sifat dengan kata benda menjadi nounphrase dalam kalimat deskripsi pendek sangat sederhana
7. Siswa dapat menggunakan kata
ganti orang dalam kalimat deskripsi pendek
sangat sederhana.
8. Peserta didik mendeskripsikan
atau membaca tulisan yang dibuat per kelompok.
9. Peserta didik dari kelompok lain melihat mendengarkan temannya dan memberi komentar.
10. Peserta didik mengumpulkan pekerjaan di tempat yang telah disediakan.
Associating
11. Memperhatikan
penjelasan guru
12. Menggabungkan
kata sifat dengan kata benda menjadi noun-phrase dalam kalimat deskripsi pendek sangat sederhana
13. Menggunakan
kata ganti orang dan benda dalam kalimat deskripsi pendek.
Communicating
14. Membacakan dan Menyimak
contoh teks deskriptif
|
Guru menyediakan gambar
Meminta
siswa untuk mengamati gambar
Meminta siswa menyebutkan nama orang yang ada di
gambar tersebut
Membimbing siswa untuk bertanya
Guru membagi siswa dalam kelompok.
Guru memantau kegiatan siswa dan memberi bantuan jika diperlukan.
Guru memandu kegiatan tersebut.
Menjelaskan
penggunaan kata ganti orang
Meminta
siswa menggunakan kata ganti orang dalam kalimat deskripsi
pendek sangat sederhana.
Memberi
contoh teks deskripsi
pendek sangat sederhana
Membaca
contoh deskriptive text.
Membaca
lagi serta Meminta siswa menirukan.
Meminta
membaca text secara bergilir.
Meminta
siswa membuat teks deskripsi
pendek sangat sederhana
Memperbaiki
pelafalan dan intonasi yang kurang tepat sesuai kebutuhan.
Memberikan
kesempatan menanyakan makna yang belum dipahami.
Memberi ulasan dan menyimpulkan pekerjaan siswa.
|
3 menit
2 menit
10 menit
8 menit
2 menit
|
c. Penutup (5 menit)
§ Bersama peserta didik guru menyimpulkan materi yang
telah dipelajari tentang bagaimana mendiskripsikan orang.
§ Berdoa
dan salam.
H.
Media,
Alat dan Sumber
Pembelajaran
§
Media : Realia, gambar.
§
Sumber Belajar : Bahasa
Inggris When English Rings the Bell/Kementerian Pendidikan Dan
Kebudayaan,Jakarta : Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2013.
0 komentar:
Posting Komentar